Artikel Teknologi

Mengapa UML ?

uml

UNIFIED MODELING LANGUAGE  (UML) merupakan bahasa spesifikasi standar untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem perangkat lunak. Definisi lain yang terkait dengan UML menyebutkan bahwa UML adalah suatu bahasa berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun, dan mendokumentasikan sistem pengembangan software berbasis Object-Oriented (OO). UML memberikan standar penulisan sebuah sistem blue print, yang meliputi konsep bisnis proses, penulisan kelas-kelas dalam bahasa program, skema database, dan komponen-komponen yang diperlukan dalam sistem software. Perlu diketahui bahwa UML tidak berdasarkan pada satu bahasa pemrograman tertentu saja.

Model OO digunakan dalam analisa dan desain dimulai sekitar pertengahan 1970 hingga akhir 1980, penyebabnya pada saat itu aplikasi software sudah meningkat dan mulai komplek. Jumlah yang menggunakaan metoda OO mulai diuji coba dan diaplikasikan antara 1989 hingga 1994, seperti yang dilakukan oleh Grady Booch dari Rational Software Co., yang dikenal dengan OOSE (Object-Oriented Software Engineering), serta James Rumbaugh dari General Electric, yang dikenal dengan OMT (Object Modelling Technique).

Kelemahan saat itu disadari oleh Grady Booch maupun Rumbaugh karena tidak adanya standar penggunaan model yang berbasis OO, mereka bertemu Ivar Jacobson dari Objectory dan mulailah mendiskusikan untuk membuat suatu model bahasa yang seragam yang disebut UML (Unified Modeling Language) dan dapat digunakan di seluruh dunia.

Bahasa UML secara resmi digunakan pada bulan oktober 1994, ketika Rumbaugh bergabung Booch untuk membuat sebuah project dengan pendekatan metoda yang seragam dari masing-masing metoda yang mereka gunakan. Saat itu baru dikembangkan draft metode UML version 0.8 dan diselesaikan serta di release pada bulan oktober 1995. Bersamaan dengan itu, Jacobson bergabung sehingga UML diperkaya dengan metoda OOSE yang kemudian muncul release version 0.9 pada bulan Juni 1996. Sampai munculnya UML version 1.3 lebih disempurnakan lagi dan direspons oleh OMG (Object Management Group), Anderson Consulting, Ericsson, Platinum Technology, ObjectTime Limited, dan lainnya serta selanjutnya dimaintenance oleh OMG yang dipimpin oleh Cris Kobryn. Object Management Group (OMG) adalah sebuah badan yang bertugas mengeluarkan standar-standar teknologi object-oriented dan software component.

Iklan
Standar

One thought on “Mengapa UML ?

  1. Beezacq berkata:

    Tahap awal yang dilakukan dalam pengembangan software mengunakan UML apa saja,,,jika kita berbica DAD,tahap awal diagram konteks lalu nol kemudian rinci.apakah dalam UML ada tahapan tersebut…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s